BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 03 Maret 2010

hai sobat, sesuai dengan janji saya kemarin, saya lanjutkan tulisan saya mengenai membuat gitar elektrik
Peralatan pokok yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini adalah sbb:

jig saw


mesin router


bor listrik



Ketam listrik


gergaji tangan 2 jenis (belah dan potong)


peralatan lain
Keterangan :
Sebelah kiri adalah amplas pelurus ( bikin sendiri)
Atas kanan adalah penyipat atau penggaris lurus yang saya bikin sendiri (sangat diperlukan)



peralatan pendukung lain

peralatan lain yang tidak kalah penting

bangku kerja (anda bisa membuat yg lebih besar atau sesuai keperluan)


Mesin amplas (modif sendiri) anda bisa membuat jenis lain


kompresor
Alat yang satu ini mau tidak mau, milik sendiri atau pinjam tetangga, harus ada . agar hasil kerja kita maksimal
Boleh saja anda menggunakan cat semprot instant (pilox), tapi yakinlah, anda tidak akan puas dengan hasilnya   

OK.. sebenarnya masih cukup banyak peralatan pendukung lain, tapi itu akan terjelaskan sendiri seiring perjalanan kerja kita.

Yang terakhir harus anda siapkan adalah ruang kerja dengan fentilasi yang baik, atau anda bekerja diluar ruangan tidak masalah, namun intinya adalah kita wajib tetap menjaga kesehatan, karena pekerjaan kita akan menimbulkan efek debu yang sudah tentu berbahaya bagi kesehatan. Ada baiknya anda tetap memakai masker selama anda bekerja.


Bahan kayu yang dipakai

Nah untuk urusan yang satu ini, memang rada repot merumuskan jenis apa yang harus dipakai. Untuk memastikannya memang pengalamanlah yang paling berperan.
Didunia pergitaran, sudah kadung dipercaya bahwa untuk body gitar, kayu mahoni (mahogany)lah yang terbaik, sedang untuk neck (setang) gitar, kayu mapel dipercaya adalah yang terunggul, sementara untuk fretboard ada beberapa jenis yang biasa dipakai ( ebony, Rosewood, mapel ,sonokeling )
Dari semua jenis diatas hanya mapel yang tidak tumbuh diindonesia, karena mapel adalah jenis kayu yang tumbuh di daerah dengan empat musim.

Tapi sekali lagi, itu semua tidak mutlak harus begitu, tinggal lagi keberanian kita untuk mencoba bermacam jenis kayu yang ada daerah kita sendiri. Masak sih Negara dengan hutan terluas, tidak ada kayu terbaik untuk gitar ? yang bener aja !! 
Berdasarkan pengalaman saya, ada banyak jenis kayu yang bisa dipakai (namanya mungkin berbeda untuk tiap daerah) semisal rengas, merawan,marsawa, sungkai, tembesu dll.

Namun yang harus menjadi perhatian adalah kayu untuk neck dan fretboard. Untuk dua bagian ini kayu yang dipakai memang harus pilihan. Dalam artian harus stabil jika sudah terbentuk, padat tapi tidak terlalu berat (untuk neck), harus keras ( untuk fretboard agar tidak mudah aus tergerus senar, dan besi fret bisa mantap melekat)

Mengenai jenis kayu apa yang menghasilkan suara terbaik,..? Wah itu sampai sekarangpun masih debatable.Tapi seperti yang saya katakana tadi, pengalamanlah yang paling berhak menentukannya ..

Untuk proyek kita kali ini ( cieee….proyek ! ) Saya akan menggunakan jenis kayu yang banyak terdapat di daerah saya ( Padang ), rinciannya begini :

Untuk Body : Kayu rengas (udah tua dan sempurna kering) saya temukan udah tersimpan tahunan. Karena ukuran yang ada, terpaksa saya sambung tiga atau empat bagian . Tidak masalah, selama teknik penyambungannya sempurna !

Untuk Neck : Kayu mawar. warnanya merah/merah kekuning-kuningan dengan tekstur kayu yang bagus spt gambar. Tingkat kekerasan cukup baik dan terbukti stabil. Tampilannya sangat menarik.

Untuk Fretboard : Saya menggunakan kayu Jua, jenis ini banyak terdapat di kota Solok. Biasanya dipakai untuk tiang Rumah Gadang (rumah adat minang).
Kayu jua ini jenis kayu sangat keras, berwarna hitam, dalam satu batang pohon ada bagian yang bertekstur bagus ada yang hitam polos,

Ok… untuk anda yang tinggal didaerah lain, silahkan survey sendiri, banyak-banyak bertanya pada yang tua-tua, karena makin sering anda bertanya, makin banyak yang anda tahu tentang kayu.

berikut beberapa gambar kayu yang saya pakai

mahoni(mahogani)


sungkai(ash)


kayu jua



kayu mawar


rengas



bodi depan sungkai, body samping dan blkg mahoni, neck kayu mawar


Persiapan awal

Seperti halnya semua pekerjaan, dalam pembuatan gitar persiapan awal yang dikerjakan adalah, menentukan bentuk gitar yang akan dibuat. Tentu dong !
Yahh katakana lah design gitar.
Nah.. design gitar ini bisa kita rancang sendiri (tentunya bagi yang sudah mampu mendesign) atau kita meniru design gitar yang sudah ada. Bisa juga dengan memanfaatkan design gitar yang banyak disediakan oleh orang2 yang baik hati di internet dan tentunya yang bisa kita copy secara gratis. Atau kalau perlu anda bisa membeli design gitar di internet, lengkap berupa gambar dengan perbandingan 1:1
Itu terserah anda…

Disini Saya akan membuat gitar berdasarkan gambar yang saya unduh secara gratis: inilah dia


Singkat kata, setelah memperhatikan ukuran yang tertera dengan seksama maka saya buatlah gambar dengan skala 1:1 di kertas gambar atau karton, yang penting di gambar ulang adalah bagian Body dan headstock, sementara kemiringan headstock dan ukuran fretboard akan saya jelaskan nanti secara rinci.(saya tidak terlalu mengikuti bentuk seluruh bagian )
Kalau kita perhatikan gambar diatas dengan seksama, bentuk bodinya Flat atau rata sementara saya merasa akan lebih indah bila dibuat archtop atau permukaan atas agak menggelembung seperti biola
Oh ya untuk headstock saya tidak meniru gambar diatas, karena Saya punya desain dan ukuran headstock sendiri sesuai dengan merk gitar saya “Eksound gitar” 

ok sobat.. cukup sekian untuk hari ini
besok saya sambung lagi, langsung ke pembuatan body berdasarkan gambar rencana.

berikan komentar anda dengan mengklik poskan komentar anda dibahawah

3 komentar:

Ardhiant mengatakan...

good

kk aqu mintak no hand phone kk dong biar aku bisa sharing am kk . . .

ea...

Kiosederhana mengatakan...

gan tolong kasih tau cara masang pick up/spull, grip, tremolo, terus jarak antara neck gitar dengan tremolo. tak tunggu 085640124183

iko suseno mengatakan...

posisi fret 12 sm tremolo harus sama

Posting Komentar