BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 21 Maret 2010

Membentuk neck dan membuat sendiri trussroad

Assalamua’laikum sobat semua..
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara membentuk neck dan membuat sendiri trussroad sebagai lanjutan dari postingan saya yang lalu.
Sekarang kita lihat bahan neck yang kita lem sebelumnya yang tentunya telah kering. Lihat gambar :

Kemudian kita buka klamp dan ikatannya seperti gambar :

Setelah itu, kita gambar bentuk kemiringan headstock ( kepala gitar ) serta ketebalannya. Disini kemiringan headstock yang saya pakai 9 derajat dan ketebalanheadstock 1,5 cm. lihat gambar.

Jangan lupa gambar dibuat di kedua sisi nya. Oh ya sebagai patokan untuk ukuran headstock sebaiknya anda menggunakan mal seperti gambar

Anda perhatikan… ternyata lebar kayu untuk headstock tidak mencukupi dibanding mal, sekali lagi saya katakan tidak jadi soal. Kita sambung saja…!
Tapi itu nanti, sekarang langkah selanjutnya adalah.membentuk kemiringan headstock terlebih dahulu. Gunakan klam untuk menahan kayu, kemudian dengan menggunakan gergaji belah tangan, kita belah sesuai garis rencana. Lihat gambar :

Ini asisten senior saya



Sehingga diperoleh bentuk seperti gambar : (klik gambar agar lebih jelas )




Namun permukaan yang dihasilkan masih sangat kasar, karena itu harus kita perhalus dengan menggunakan ketam listrik sehingga hasilnya seperti gambar :


Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan trussroad dan tempat pemasangannya.

Untuk itu tidak ada salahnya saya jelaskan sedikit mengenai trussroad ini. Meskipun sudah sangat banyak penjelasan mengenai itu yang bisa anda lihat di situs-situs yang berhubungan dengan gitar.
Trussroad adalah. Batangan besi yang dibuat sedemikian rupa dan ditanam didalam neck gitar dengan cara tertentu. Sedangkan fungsinya adalah untuk mengantisipasi apabila terjadi perubahan terhadap kelurusan neck. ( bengkok).

Kita bisa mengkategorikan neck yang bengkok ini dalam 2 istilah berikut:

- Up bowing
- Back bowing
walaupun masih ada problem lain yang bisa terjadi pada neck misalnya neck melintir. Untuk yang satu ini tidak bisa diatasi hanya dengan trussroad. Idealnya harus dibawa kepada ahlinya untuk diperbaiki.


Up bowing adalah bengkoknya neck gitar kearah atas (kearah senar). Kasus ini paling banyak terjadi , walaupun terhadap gitar baru sekalipun. Penyebabnya adalah tension senar yang lebih besar dari ketahanan kayu untuk tetap lurus, bisa juga terjadi karena kekeliruan dalam pemilihan kayu. Atau arah serat kayu yang salah dalam pembuatan neck gitar. Lihat gambar :


Back bowing adalah kebalikan dari up bowing, yaitu neck bengkok kearah bawah. Kasus ini sangat jarang terjadi. Kalaupun ada, biasanya karena kesalahan dalam pemilihan kayu.

Karena masalahnya ada dua, maka jenis trusroad pun ada dua macam yaitu:

Vintage trussrod (traditional trussrod) atau bisa juga disebut one way trussrod.
Trussrod jenis ini hanya bisa memperbaiki up bowing.

Double expanding trussrod atau bisa juga disebut two way trussrod.
Trussroad jenis ini bisa memperbaiki up bowing dan back bowing.karena konstruksi besinya memungkinkan untuk itu.

kedua jenis trussrod ini gampang di dapat didaerah-daerah tertentu, terutama di pulau jawa. Namun bagaimana jika kita tinggal didaerah yang sulit mendapatkan barang ini ? sebagai contoh dikota tempat saya tinggal. Wahh… nggak ada bo..udah muter-muter nyari nggak nemu..! pas denger ada yang jual,..disamperin.. eeee. Barangnya beda…! Desperado nggak !.. (kayak iklan aja.. )
sementara kalau kita pesan-kirim butuh biaya cukup banyak, karena harus beli banyak, iya kan ? sebab kalo sedikit hitungannya nggak ekonomis.
Nah karena kita menganut faham “ nggak ada yang nggak bisa, manfaatkan yang ada di sekeliling kita “ maka ya… bikin aja !

Begini nih caranya:

Trussrod yang akan kita bikin ini berjenis oneway trussrod. Ini dengan asumsi bahwa hampir semua masalah bengkok neck adalah up bowing, sementara back bowing sangat-sangat jarang terjadi. Yang penting bahan neck yang dipakai harus dicari yang benar-benar memenuhi syarat.

Ok kita siapkan bahannya
Bahan yang diperlukan untuk membuat trussroad ini adalah seperti gambar :

Baut “L” (utk kepala trussrod)

baut ligna potong kepalanya

Mur sebelah kiri yang pas dg baut ligna, mur sebelah kanan lebih besar, hanya sebagai ring ( anda bisa menggunakan bahan lain yg tidak ber “drat” )


Besi diameter 8 mm


Besi pipih dg lebar +- 5 mm dan tebal 2,5 mm


Khusus mengenai besi pipih ini, tidak bisa saya dapatkan dipasaran di daerah saya. karena ini sangat dibutuhkan, terpaksa saya bikin. Dengan cara memipihkan kawat baja ukuran 4 mm lihat gambar:

Perbandingan besi 8 mm dg kawat 4 mm



Kawat baja dipipih dengan cara ditempa


kawat baja setelah piph


Kemudian bahan disatukan dengan cara dilas dengan susunan sbb :


Pada ujung besi 8mm kiri, susunannya sperti ini:

Keterangan
1. baut “L” ( sbg kepala trussrod )
2. mur besar yang berfungsi hanya sebagai ring
3. besi diameter 8 mm

pada ujung besi 8 mm kanan, susunannya seperti ini :

Keterangan
3 besi diameter 8 mm
4 baut ligna yg sudah dipotong kepalanya
5 mur yang sesuai dg baut ligna.

kedua pertemuan besi dilas rapih, lihat gambar



Kemudian kedua mur dilas di kedua ujung besi pipih, menganai panjang besi nanti kita bicarakan.



Kemudian pasangkan seperti gambar:

Sekali lagi, baut besar hanya sebagai ring (longgar)

Dengan menggunakan kunci “L” cobalah memutar kepala trussrod kekanan, maka trussrod akan dipaksa membentuk busur seperti gambar.:




Dengan cara seperti itulah trussrod menahan neck agar tetap lurus atau meluruskan neck yang bengkok ( up bowing )
Wuih….
Bagaimana ? udah faham ? kalo belum silahkan poskan pertanyaan anda pada ruang komentar..Ok ?

Nah sekarang trussrod kita siap dipasang pada neck gitar, disini ukuran panjang trussrod yang dibutuhkan bisa diketahui dari awal. Lihat gambar :




Dengan menggunakan pensil, tandai ujung pangkal trussrod pada kayu bakal neck , dan buat garis lurus ditengah searah panjang neck.
Kemudian dengan menggunakan mesin router buatlah celah sedemikian rupa sehingga trussrod bisa tertanam didalanya. Lihat gambar:



Dalam posisi trussrod tertanam, coba test (letakkan) fretboard pada posisinya, ini hanya mencoba agar diketahui trussrod masih ketinggian atau tidak. Lihat gambar:




Yakh..! ternyata ok.

Sekarang kembali kebagian headstock, telah diuraikan diatas bahwa kita akan menyambung sehingga lebar kayu mencukupi untuk headstock…
Siapkan dua buah kayu yang sama persis jenisnya dg kayu headstock. Lihat gambar:


Permukaan yang akan disambungkan harus betul-betul lurus, anda bisa mengetam lurus kemudian amplas pertemuan kayu agar bisa rapat/tanpa celah sedikitpun


Coba dulu sebelum dilem


Setelah dirasa rapih, satukan dengan menggunakan lem dan dipres/diklamp kuat-kuat



Biarkan bagian belakang apa adanya, itu akan kita urus nanti



Setelah lem kering sempurna, buka press/klamp, buat gambar headstock dengan menggunakan mal yang sudah ada. Jangan lupa letakkan fretboard pada posisinya, agar gambar headstock tepat segaris dg fretboard. Lihat gambar:





Nah sekarang kita akan membentuk headstock. Karena neck (termasuk headstock) akan kita buat ber “bending”, maka harus dibuat alur pada bagian tepi headstock tempat memasang bending. Seharusnya pekerjaan ini menggunakan mesin router kecil dengan mata/pisau router khusus seperti ini :

Gambar

Namun saya hanya punya mesin router ukuran besar dan tidak punya mata pisau router seperti itu. Jadi saya harus berjibaku dengan cara seperti dibawah ini, meskipun ini sangat berisiko dan butuh ketelitian dan kesabaran, karena jika meleset sedikit saja, semuanya tidak bisa dipakai lagi alias gatot alias gagal total tal..tal..

Inilah tahap-tahapnya:
Atur kedalaman mata router selebar bending = 0,6 cm

Routing sekeliling garis headstock, jangan sampai meleset ke dalam, karena tidak akan berguna lagi.

Routing setengah jalan


Routing setelah selesai


Hasil routing seperti ini, tidak bisa langsung rapi dibanding jika menggunakan mata router khusus, dengan terpaksa harus dirapikan lagi nantinya.
Yaah .. tapi tidak ada yang tidak bisa.. kan ? (itu prinsip).

Ok.. saya cukupkan dulu postingan kali ini, insya allah saya lanjutkan besok atau lusa, karena saya musti mengerjakan yang lain juga.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda dengan mengklik komentar di bawah..

Oh ya untuk anangmangcek yang sudah ngasih komentar postingan yg lalu : saya memang berencana untuk bikin e-book nya, kalo udah selesai anda yang pertama saya kirimi.. 

salam

24 komentar:

ari mengatakan...

mas,bisa mosting pembuatan necknya nggak?../
jelasin dari bahan yg masih berbentuk balok,sampek jadi bentuk neck yg sedemikian rupa!!..tolong ya mas..

hasbi mengatakan...

Assalamualaikum..
halo Eksound Custom Guitar..salam kenal.
saya ada pertanyaan mengenai :
1. kayu jua..apakah kayu ini sejenis kayu Nibung? (pohonnya seperti pohon palem)atau masih sefamily dengan kayu sonokeling?
2. benarkah kayu Rengas kalo kontak langsung dengan kulit bisa bikin gatal? apakah ada pengolahan khusus untuk kayu ini sebelum dijadikan gitar?? (direndam..misalnya)

itu saja pertanyaannya..hehe
terimakasih..info2nya sangat berguna bagi kami anak muda yang baru belajar membuat gitar. maju terus eksound gitar..ttp berkarya!

Blank mengatakan...

mas. .ga da postingan bru lgi ,neh. . .pdahl blog mas bgus neh .

Anonim mengatakan...

Bro Thanks, Postingnya sangat bermanfaat, saya emang lagi cara buat betulin Bass yang Up Bowing

Anonim mengatakan...

Halo bozz.... Klo cara bikin body gitar gmna?

Anonim mengatakan...

assalam.bozz..
pa bner kayu mangga bisa d'bikin body..?
cause aku dpet info kayu mngga lok dbikin body n dicat transparan punya tampilan serat kayak maple top...bener ga'?

coki mengatakan...

bos alamat lengkap dimana nih? minta nomer telpon nya dong.

pengen refret sama bikin akustik bisa ga?

Unknown mengatakan...

kayu dari pohon buah nangka aja hasil oke bangat karena sepupu saya udah mencoba

lako mpanga mengatakan...

mas...kan belum selesai buatnya.. gimana cara memasang fret dengan ukurannya...??

lako mpanga mengatakan...

ukuran ideal fret mas brp??? kayu dinding fret namanya kayu apa ya??

Muhammad Suprayudi mengatakan...

mampir...mampir...salam kenal bro

Adritz The mengatakan...

padangnya di mana bos.mana tau bisa jalan2 ke sana.terima kasih

Tom Mail mengatakan...

Mantap lah mas?
Mau tanya lem yg bagus untuk bikin gitar merek ap klo di indonesia sndiri.
THNX

Electric Bogie mengatakan...

buat trussrod jenis besinya apa harus baja 22nya .. sekalian di share yg double action donk .. tp yg bahan2nya spt diatas bkn yg dr aluminium u channel .. thx

muhtar sunardi mengatakan...

salam kenal mas bro, postingan yang sangat bagus dan sangat bermanfaat sekali. sudah lama saya cari tutorial seperti ini dan baru nemu saat ini. oya, bagaimana tentang ebook nya sudah kelar belum? kalo gak keberatan tolong di posting juga dong :) dan kalo gak keberatan banget tolong dikirim ke email saya. muhtar_79@ymail.com terima kasih dan sukses selalu.

vd jonatan mengatakan...

super sekali Mas....

Adritz The mengatakan...

Kreatif pak bos.keren.minta no hp nya dong.adrisman 085271157446.tarimo kasih

taufik hidayat mengatakan...

salam kenal mas. e-book nya udah selesai ga? :D
kalo berkenan, kirim ke emai ku ya mas.. alfia118@ymail.com..

hasan sukur mengatakan...

Bro salam kenal...ane barusan ngikutin tutor ente pas pembuatan neck, headstock, kalau ane pingin belajar / khursus lah ama ente alamatnye dimane ya, ini email ane, itok_70@yahoo.com, thanx ya bro atas pencerahannye

souvenir-souvenir unik dari jawa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
souvenir-souvenir unik dari jawa mengatakan...

alam sejah tera gan ,
ane seneng banget stlh liat postingan nya ,gan ane mo nanya nih ,jarak senar n fret yang ideal berapa???bentuk neck yang baik kaya gimana?? yar senar ga nyentuh fret gimana ?\\masa lahnya senar gitar ane nyentuh fret gitar jadi ga enak di denger

12 Januari 2014 04.53

oelil mengatakan...

Stay tuned ....menyimak isi blog ini
Bagus banget soalnya...pas dengan yg saya cari...

irman pribadi mengatakan...

Hyg bisa euy

Anonim mengatakan...

Mantappp.N sukses selalu..

Poskan Komentar